Koin dan Dadu adalah alat yg sering dijadikan sebagai sampel peluang |
1. Ruang sampel adalah himpunan yang unur-unsurnya merupakan hasil yang
mungkin dari suatu percobaan
2. Titik sampel adalah banyak titik sampel yang terdapat di ruang sampel
a. Banyak
titk sampel pada pengetosan mata uang
Banyak titik sampel = 2n, dengan n = banyak uang logam yang
ditos
b. Banyak
titk sampel pada pengetosan dadu (bermata enam)
Banyak titik sampel = 6m, dengan m = banyak dadu yang ditos
c. Banyak
titik sampel pada pengetosan dadu dan mata uang
Banyak titik sampel =2n . 6m
MENENTUKAN
PELUANG SUATU KEJADIAN
1. Frekuensi relatif
f (A) =
banyak kejadian A / N
Keterangan ;
F(A) = frekuensi relatif kejadian A
N = banyak percobaan
F(A) = frekuensi relatif kejadian A
N = banyak percobaan
2. Peluang suatu kejadian
P(A) = n(A)/N(S) ,0 ≤
P(A) ≤1
Keterangan ;
P(A) = peluang kejadian A
N(A) = banyak kejadian A
N(S) = banyak
titk sampel
P(A) + P(Ᾱ) = 1
«» P(Ᾱ) = 1-P(A)
Keterangan ;
P(Ᾱ) = peluang kejadian bukan A
3. Frekuensi harapan
E(A) = P(A).N
Keterangan ;
E(A) = frekuensi harapan kejadian A
N = banyak percobaan
Kejadian majemuk
kejadian
majemuk adalah Peluang 2 kejadian A dan B
P(A∪B)=P(A)+P(B)-P(A∩B)
1.
Kejadian silang
bebas
Kejadian A dan kejadian B dikatakan
aling bebas jika kejadian A tidak mempengaruhi kejadian B dan sebaliknya
Jika A
dan B merupakan dua kejadian saling bebas maka berlaku P(A∪B)=P(A).P(B)
2.
Kejadian
saling lepas
Kejadian A dan kejadian B dikatakan
saling lepas jika himpunan A dan B saling asing
Jika A dan B
merupakan 2 kejadian saling lepas maka berlaku
P(A∪B)=
P(A)+P(B)
note : lambang '/ ' = dibagi
THANKS for reading..........
note : lambang '/ ' = dibagi
THANKS for reading..........
Tidak ada komentar:
Write komentar